Bagaimana Keamanan Uang di MCU, Ketika Saya Menitipkan Setoran? - Melania Credit Union

Bagaimana Keamanan Uang di MCU, Ketika Saya Menitipkan Setoran?

By Dian Rodiana | Artikel

Sep 15
keamanan uang

Bagi kami di Jajaran Manajemen MCU, pertanyaan,”Bagaimana keamanan uang di MCU?” merupakan pertanyaan sehari-hari. Rasanya sudah sama seperti kita akan minum obat, sehari 3 kali bahkan lebih.
Meyakinkan kepada Anggota maupun Penabung sama halnya dengan kami meyakinkan kepada Anggota Penerima Fasilitas Kredit MCU, bahwa uang ini adalah milik Anggota MCU, sehingga pasti ada jaminan atas kredit yang diterima.

MCU sebagai korporasi berbentuk Koperasi Kredit seringkali mendapat ‘getah’ dari korporasi sejenis yang gagal dan berujung uang yang hilang. Ketika dana yang terkumpul sekian tahun kemudian menguap dan menimbulkan kekecewaan mendalam serta tentunya ketidakpercayaan akan korporasi sejenis.

Pertanyaan tadi muncul ketika kami di Kantor Cabang Ciwidey melakukan sosialisasi produk tabungan TASKA di daerah perkebunan Cibuni, Cipangisikan Desa Sukaresmi Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Peserta yang hadir kurang lebih 8 orang dan semuanya bekerja di perkebunan teh Cibuni. Seperti biasa acara dimulai dengan pembukaan berlanjut penjelasan tentang MCU dan produk perseorangan yang bisa dimanfaatkan oleh mereka. Pembicaraan terus berlanjut sampai ke tanya jawab dan cerita tentang pengalaman pribadi atau pengalaman ketika jadi keanggotaan di lembaga lain.

Bagaimana Keamanan Uang Melalui Layanan Monitoring Anggota?

Pertanyaan ini muncul dari salah satu peserta sosialisasi yang diselenggarakan medio Januari 2014. Cukup menarik, ketika sebagian orang berpikir bahwa para petani adalah miskin dan tidak berpendidikan tinggi ternyata mampu memberikan pertanyaan yang luar biasa. Memang benar pengalaman hidup mengajarkan segalanya. Pertanyaan yang disampaikan oleh salah satu peserta adalah karena ada pengalaman pahit ketika bertransaksi dengan korporasi lain. Ketika ada yang menampung setoran (biasanya disebut koordinator), dana yang diterima terkadang tidak sampai kepada tujuan.

Kami sampaikan mengenai hal yang menjadi kunci, yaitu bukti setoran. Bagaimana selembar kertas yang menjadikan kekuatan bagi penyetor sehingga penerima setoran tidak dapat menghindar bahwa dana tersebut telah diserahkan. Memang banyak Anggota atau penabung yang enggan menyimpan bukti setoran, namun kami upayakan mengedukasi agar dana yang disimpan selalu tercatat dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Merubah sudut pandang seseorang berdasarkan pengalaman pahit yang dialami tidaklah mudah. Terus menerus membuktikan bahwa pengelolaan MCU mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tak jarang, kami mengalami dilema saat Anggota Penerima Fasilitas Kredit bersikukuh tidak ingin dilakukan pengikatan atas jaminan. Padahal jika kita berada pada posisi Anggota sebagai Penabung tentu keamanan yang menjadi hal utama.

Adalah Pak Pepen, salah satu peserta sosialisasi yang tertarik bergabung dan menanyakan perihal tadi. Pengalaman pahit kehilangan uang karena menitipkan setoran menjadikan lebih berhati-hati dalam menaruh dana pada korporasi keuangan.

Meskipun demikian, akhirnya beliau bergabung bersama MCU. Edukasi Anggota Baru diikuti dengan tekun dan penuh semangat. 3 bulan sejak Edukasi Anggota Baru, beliau memberanikan diri untuk mengajukan Fasilitas Kredit. Dahulu sebagai pemetik teh, memutuskan untuk berpindah menjadi petani buah strawberry.

keamanan uang

Penandatanganan Perjanjian Kredit (foto istimewa)

Modal yang diterima dari fasilitas kredit, digunakan dengan hati-hati dalam memulai usaha tanaman strawberry. Bulan demi bulan karakter sebagai Anggota dibuktikan dengan pembayaran angsuran kredit serta setoran TASKA dan TAMARA secara tepat waktu. Tak heran jika saldo TASKA dan TAMARA meningkat setiap bulannya.

Hal ini sesungguhnya yang menjadi tujuan dari MCU. Menabung secara teratur, menggunakan fasilitas kredit secara bijak yang berdampak terhadap pemenuhan kebutuhan pribadi atau keluarga Anggota.

Kini, Pak Pepen tidak saja fasilitas modal kerja yang diterima. Kebutuhan kendaraan untuk putranya yang telah bekerja dipenuhi melalui fasilitas kredit di MCU. Kebutuhan transportasi untuk anaknya dalam bekerja sudah bisa dipenuhi oleh MCU.

Apa lagi kira-kira yang akan diajukan oleh Pak Pendi, menurut Anda?

Tetapi apapun itu, terima kasih atas kepercayaan yang MCU terima.

Follow

About the Author

Pria sejati tak suka kopi ataupun teh manis. Seorang ayah dengan seorang putra yang beranjak dewasa. Saat ini bertugas sebagai Penanggungjawab Kantor Cabang Ciwidey.